Kumpulan gambar vektor

IP

IP

Cari Ini

Selasa, 28 Agustus 2012

PEMIMPIN IDEAL




Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang dapat berkomunikasi secara efektif dalam situasi apapun dan bijaksana. Pemimpin yang dapat BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF adalah:
1.  Memberikan informasi yang update kepada seluruh bawahan dan koleganya secara terus-menerus, fakta yang terjadi di lapangan.
2.  Secara proaktif meminta umpan balik dari bawahan.
3.  Memastikan adanya tindak lanjut atas masalah yang terjadi dalam suatu organisasi.
4.  Selalu mengupdate informasi yang dimiliki berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan.
    Tetapi menurut ISLAM pemimpin yang ideal harus memiliki criteria-kriteria yang ada pada agama,berikut criteria menurut agama:
1.   Amanah (terpercaya)Seoarang pemimpin harus mendapat kepercayaan masyarakat, karena sebuah masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera akan terbentuk manakala pemimpinnya mendapat kepercayaan (legitimasi) dari masyarakat.
2.   Fatonah (cerdas)Persyaratan menjadi pemimpin adalah memiliki kemampuan intelegen (IQ) yang standar, sehingga mampu menganalisa dan mengatasi masalah yang di wilayahnya.
3.   Tabligh (komunikatif)Pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan masyarakat dan pimpinan yang ada di atasnya, sehingga akses informasi bisa diterima ileh semua warga.
4.    Shidiq (jujur)Kejujuran seorang pemimpin merupakan bagian dari kesuksesan dalam kepemimpinannya, karenan kejujuran saat ini merupakan sesuatu yang sulit untuk dibuktikan dan sedikit sekali.
          Selain dari hal diatas pemimpin yang ideal harus meimiliki sifat yang adil dan bijaksana,berikut criteria pemimpin yang bias dikatakan sebagai pemimpin yang adil dan bijaksana:
1. 
Memiliki rasa percaya diri dan dapat mengatakan bisa pada diri sendiri untuk dapat menyelesaikan suatu masalah.
2.  Sensitif terhadap perasaan/emosi pihak lain/anak buah.
3.  Dapat menyelesaikan masalah dengan cepat yang menjadi tanggungjawabnya dan terbiasa mendisiplinkan diri untuk mencari solusi setiap masalah dan bersikap action oriented.
4.  Berpikir kedepan dan selalu berpikir contigency plan yaitu selalu mengembangan pikiran dalam beberapa skenario untuk mengantisipasi kondisi yang akan terjadi, disini anda akan lebih terlihat powerful.
5.  Pikirkan selalu kenyamanan anggota organisasi dalam bekerja
Tetapi seorang pemimpin tidak boleh melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan seperti berikut:
1.  Menutup-nutupi permasalahan, berbohong atau mengatakan sesuatu yang sifatnya misleading. Walau sebagai pemimpin, harus menyimpan hal-hal yang bersifat cinfidential, namun hal-hal yang sifatnya terkaitn dengan keamanan, kesejahteraan harus disampaikan secara terbuka.
2.  Menjanjikan sesuatu yang belum ada kejelasannya untuk direalisasikan.
3.  Menyalahkan pihak lain atau mencari kambing hitam atas terjadinya masalah


          Dari semua hal tersebut sifat kemimpinan dapat diasah sejak dini dan kemampuan-kemampuan menjadi seorang pemimpin dapat dilakuakan oleh seorang laki-laki maupun seorang perempuan yang terpenting bagi seorang pemimpin dia harus bisa bersifat adil,bijaksana, terpercaya, cerdas,komunikatif, jujur.
          Harapan kita agar nanti di INDONESIA terdapat pemimpin yang dapat menjadi pemimpin yang ideal dan beradab,serta memiliki sifat tanggung jawab terhadap rakyatnya dan terhadap tugas-tugasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar