Kumpulan gambar vektor

IP

IP

Cari Ini

Minggu, 08 Juli 2012

Percobaan Archimedes


Percobaan Archimedes
Bahan : 1. Telur matang dan telur matang
             2. Garam
             3. Air biasa
             4. Gelas
Cara:

Kesimpulan:
telur yang mengapung hanya pada air yang diberi garam. Baik telur yang matang maupun tidak matang jika kita masukkan pada air yang diberi garam akan mengapung. Karena massa jenis air akan berubah apabila air itu dimasukkan suatu zat, misalnya seperti garam, gula, merica, ataupun kecap asin. Ketika zat itu dimasukkan pada air biasa, massa jenis air dapat bertambah, berkurang ataupun tetap. Sedangkan pada benda, yaitu telur yang matang dan mentah tadi memiliki massa jenis yang sama.
Pada saat kita memasukkan telur yang matang dan mentah kedalam gelas yang berisi air biasa, telur akan tenggelam. Hal itu disebabkan karena massa jenis benda (telur) lebih besar dari massa jenis air biasa. Begitu juga yang terjadi dengan telur pada gelas berisi air yang dicampur gula, merica, dan kecap asin. Massa jenis air biasa yang dicampurkan dengan zat ini akan mengalami perubahan yaitu berkurangnya massa jenis air. Air akan memiliki ukuran massa jenis yang lebih kecil daripada telur, Sehingga telur dapat tenggelam saat dimasukkan pada 3 gelas yang berisi gula, merica, dangelas
 kecap asin tersebut.
Massa jenis air akan bertambah apabila kita campurkan dengan garam. Semakin tinggi kadar garam dalam air, akan membuat suatu benda mengapung. Pada air garam, baik itu telur matang atau mentah akan mengapung dikarenakan massa jenis air itu bertambah. Sehingga massa jenis benda lebih kecil dari masa jenis air. Oleh sebab itu, telur yang matang dan mentah dapat mengapung.
Percobaan Kapilaritas
Bahan   :
1.       Air
2.       Tisu
3.       Mangkok
4.       Gelas
5.       sedotan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar